Realita Gadget / Smartphone di tahun 2012

Gadget / Smartphone adalah sebuah perangkat telepon genggam yang mungkin sudah sangat tidak asing sekali dengan kita, bahkan hampir dapat dikatakan semua orang sudah dapat menggunakan / bahkan mempunyai-nya. pada dasarnya perangkat ini dibuat untuk melakukan panggilan ke sebuah nomor yang ingin kita tuju, dan bahkan saat itu dalam perangkat ini kita juga dapat mengirim sms ke nomor tersebut.

Perkembangan teknologi memang dapat dikatakan sangat cepat sekali, awalnya perangkat ini hanya dapat melakukan panggilan dan mengirim pesan singkat(sms). Namun seiring perkembangan teknologi perangkat ini sudah mempunyai banyak sekali fitur seperti : kalkulator, alarm, stopwatch, kalender, permainan, dan masih sangat banyak sekali. Namun hanya selang beberapa tahun kemudian, perangkat ini sudah dapat pula digunakan untuk melakukan pengambilan gambar(kamera), merekam suara, merekam gambar(video), email, internet, chatting, dan masih banyak yang lainnya.

Sebenarnya, apakah kita tidak terlambat untuk menyebut bahwa Smartphone sudah ada di tahun-tahun saat perangkat sudah dapat melakukan : kalkulator, stopwatch, email, internet, kamera, video, perekam, dan yang lainnya ? saya rasa istilah Smartphone ini sudah pantas muncul di era tahun 97an untuk perangkat yang sudah mempunyai fitur-fitur tersebut. Tapi sayang kita sebagai konsumen tidak dapat menyadari hal tersebut.

Selang beberapa tahun kemudian, yaitu sekitar tahun 2003, perangkat ini sebenarnya sudah diteliti oleh produsen bakal menjadi teknologi yang canggih. dan itu sangat benar sekali. Liat saja di tahun 2006 ke atas, semua brand / produsen-produsen perangkat telepon saling berlomba lomba mengungguli produknya, menambah semua fitur-fitur yang tidak ada dikompetitornya, dan itu terus berlanjut hingga tahun 2011. Persaingan terlihat sangat hebat sekali.

Pertanyaan nya sebenarnya adalah : apakah kita perlu membeli perangkat telepon ini dengan fitur yang wah ? jawaban ini sangat mudah sekali untuk kita jawab, yaitu dengan beberapa analisa, spt berikut :

– apakah kita sering bertelepon ? saling mengirim sms ? (anda sendiri tentunya yang dapat menjawab)

– apakah kita perlu mengakses internet setiap waktu ?

– apakah setiap hari kita selalu mendapatkan email dan harus membacanya ?

– apakah kita membutuhkan sebuah kamera ? untuk menggambil momen-momen setiap aktifitas sehari hari ?

– apakah kita selalu mempunyai jadwal yang padat ? sehingga fitur pada perangkat kita seperti Schedule / Memo / mungkin aplikasi-aplikasi yang lain harus ada ?

Analisa-analisa di atas masih sangat banyak sekali, semua tergantung yang kita butuhkan. Tentunya dengan hal-hal yang selalu kita lakukan sehari-hari.

Namun lain hal-nya, jika membeli perangkat telepon hanyalah untuk bergaya / bergengsi.

Ingat, kita sebagai konsumen jangan mudah dipengaruhi dengan teknologi yang ada, para produsen itu menciptakan perangkat-perangkat ini sudah meriset sekian lama agar produknya dapat digunakan semaksimal mungkin, tapi sayang pasar teknologi dirusak sendiri oleh kita sebagai konsumen, yaitu dengan cepat nya mengganti perangkat kita, padahal itu belum ada 1tahun.😉

Semoga dengan semakin berkembang-nya teknologi canggih di tahun 2012 ini seperti perangkat telepon, komputer, dan yang lainnya kita tidak diperdaya oleh nya, karena teknologi adalah ciptaan kita ^^,

artikel singkat di atas semoga dapat berguna, karena berbagi pengalaman adalah hal yang menyenangkan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s