Hari ke 7 KKN

Hari ini adalah pertemuan ke 7 kami dalam kegiatan kkn yang dilaksanakan di SD Masangan Kulon 1. Kegiatan kami tadi pagi adalah mengajari adek adek memberikan materi yang diberikan oleh guru. Kebetulan saya dan teman saya kebagian memberikan materi bahasa jawa, tentunya ini adalah sesuatu yang sangat menyenangkan juga menyusahkan, karena saya dan teman saya sudah lupa dengan materi bahasa jawa. Sudah sangat lama sekali materi itu kami terima. Yaitu pada saat menginjak SD juga. Sudah hampir 10 tahun. Kami hanya berbekal buku yg diberikan oleh gurunya.

Saat jam sekolah dimulai, saya datang terlambat karena memang bangun kesiangan. Tetapi Alhamdulillah tidak terlambat. Adek adek yang sangat lucu sekali, mereka sama sekali tidak mau diam, kebetulan saya dan teman saya kebagian mengajar anak kelas 3 SD. Saat kami meminta adek2 untuk maju satu persatu, kebanyakan adek2 laki2 yang meminta maju, bahkan mengacungkan jari agar dia diberi kesempatan untuk menjawab di depan. Tapi tidak sedikit pula adek2 yang tidak mau diminta untk maju ke depan, mungkin karena mereka malu atau mungkin tidak bisa mengerjakan soalnya. Tapi bagi kami ini adalah hal yang wajar, karena kami pernah mengalami hal seperti ini juga.

Kami juga memberi adek2 jajanan kecil apabila mereka mau maju untuk mengerjakan di papan tulis, tapi apa daya tetap saja yang maju adek2 itu saja, yang lain masih saja tidak mau ditunjuk untuk maju ke depan.

Akhirnya tepat sekitar pukul 9 pagi jam sudah selesai, kami dan adek2 pun bersiap siap untuk pulang. Masih sangat seperti masa sekolah saya dulu, sebelum pulang tradisi berdoa masih diterapkan.

Dan selama mengajar dan mau pulang, tentunya saya tidak lupa untuk mengabadikan foto2 saat mengajar… ya walaupun saya tidak sempat terfoto…😀

Publish on Sunday, 18 Feb 2012

salam hangat,

Leave a Reply

